Selasa, 08 Desember 2020

Artikel Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi



            Gigi adalah salah satu struktur berklasifikasi dan keras yang terdapat didalam mulut manusia dan fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek, dan mengunyah makanan. Kesehatan gigi sangatlah penting, karena gigi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan, dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainya.

            Mulut merupakan tempat pertama yang dimasuki makanan. apabila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip pada gigi bersama bakteri  bertambah banyak, dan akan menimbulkan terjadinya plak. Yaitu lapisan lengket, tipis dan tidak berwarna, lapisan ini apabila semakin menumpuk akan dapat merusak gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan seperti menyikat gigi teratur dengan baik dan benar, kurangi konsumsi makanan kariogenik, perbanyak makanan berserat, dan berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Akibat seseorang tidak menjaga kesegatan gigi :

1.      - Gigi berlubang

2.      - Bau tidak sedap ( bau mulut )

3.      - Peradangan pada gusi

4.      - Gigi menjadi sensitive

5.      - Sariawan

6.      - Gigi kuning

7.      - Gigi goyang

8.      - Karang gigi dll.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa gangguan penyakit gigi di atas, ada hubungannya dengan penyakit tubuh lainnya. Berikut adalah penyakit sistemik yang berkaitan dengan penyakit gigi : jantung, stroke, diabetes, berat bayi lahir rendah (BBLR) bagi wanita hamil, infeksi pernapasan, osteoporosis, serta system imun. Salah satu penelitian di Amerika Serikat dengan responden 9,760 orang, menyimpulkan bahwa seorang dengan keadaan periodontitis ( peradangan pada jaringan penyangga gigi ) memiliki resiko menderita penyakit jantung coroner 25% dibandingkan dengan responden penderita penyakit periodontal ringan ( penyakit gusi ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi

  Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi             Gigi adalah salah satu struktur berklasifikasi dan keras yang terdapat didalam mulut manus...